//
you're reading...
Job Description

Produser TV


Produser

Tugas utama dari seorang tv produser adalah untuk mengkoordinasikan dan mengontrol semua aspek produksi, dimulai dari pembuatan dan pengembangan ide, mengawasi pemain yang akan di-casting dan melakukan segala pengecekan saat pre-produksi, produksi dan setelah produksi. Sudah menjadi hal yang wajar jika seorang produser juga bertanggung jawab secara general pada kualitas dan diminati atau tidaknya suatu acara, meski peranan tersebut tidak menjadi suatu keharusan atau tergantung pada kondisi.
Jika melihat dari segi senioritas dalam sebuah industri film ataupun tv pada saat ini, Anda bisa melihat tingkatannya sebagai berikut :

1. Executive producer, seorang executive producer biasanya juga mempunyai kontrol dalam segi operasional dalam sebuah show/program. Ia bertugas untuk memberikan pandangannya atas sebuah program yang sedang dijalankan (biasanya dalam hal program tv live atau reality show) sebagai layaknya seorang penonton.
2. Co-executive producer
3. Supervising producer, mensupervisi antar produser
4. Coordinating producer, mengkoordinasi antar produser
5. Producer, di sini posisi Produser ini bisa saja adalah seorang script writer atau juga bintang ataupun pemain film terbuka duduk sebagai posisi ini jika mereka dapat memberikan dukungan pada jalannya cerita.
6. Co-producer, bekerja dengan para produser lainnya
7. Consulting producer, mendampingi scriptwriters biasanya untuk suatu hal tertentu yang cukup spesifik
8. Associate producer, mengawasi day-to-day working operations
9. Segment producer, bertanggung jawab pada segmen-segmen tertentu
10. Line producer, bertanggung jawab pada aspek praktis ketimbang pada isi atau kreativitas konten
11. Production assistant

Hal lain yang biasanya lumrah terjadi di sebuah produksi film atau serial televisi adalah posisi script writers bisa saja juga menduduki posisi sebagai ‘producer’ atau bahkan seorang bintang film atau pemain juga bisa menjadi seorang produser didasarkan pada pengaruh atas jalan cerita yang akan dibuat dalam suatu seri atau sebuah film yang bisa diberikan seorang pemain pada sebuah produksi film/serial tv.

Namun untuk menjadi seorang produser memang tidak bisa begitu saja, ada tahapan-tahapan tertentu yang harus dijalani. Biasanya ia adalah seseorang yang sudah biasa pada dunia perfilman ataupun mereka yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat dalam membiayai suatu produksi film / program tv. Ada baiknya bagi mereka yang memang tertarik dengan dunia perfilman atau produksi tv dapat mempelajari seluk beluk bidang ini ke jurusan perfilman ataupun broadcast untuk mengetahuinya secara langsung. Juga untuk menambah pengetahuan, tak ada salahnya kalau mereka mengikuti pendidikan atau magang di sebuah rumah produksi ataupun stasiun televisi untuk mengetahui secara langsung / praktek lapangan.

About Musa Angelo

Think like a scientist and Act like a maestro to created a Masterpiece.

Discussion

Comments are closed.

Myself

Translate

Blog Stats

  • 410,086 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other subscribers