//
you're reading...
Uncategorized

Video Transfer/Streaming


Ada dua cara melakukan tranver file vdeo melalui internet provider client, pertama melalui ftp dan yang kedua melaui server

 1. FTP

FTP adalah file transfer protocol yang memungkinkan kita mengirim data dalam kapasitas besar diantara dua computer.

Untuk melakukan transfer dengan cara ini pertama, harus memiliki FTP client dan server (bisa di download secara gratis) dengan kedua client dan server ini memungkinkan kita berhubungan secara langsung antara computer di lapangan dengan computer di kantor dalam window terdapat fungsi yang sama yang disebut remote desktop sharing dan remote access server

Pertama pilih file yang hendak di kirim dan tinggal copy paste dari client ke server.
Permasalahannya adalah kapasitas file yang terlalu besar, nah ada sedikit tips mempermudah teman pengiriman gambar dan tidak menghabiskan waktu berjam jam.

convert video file file ingest / import biasanya file asli saat kita import memiliki codec avi, mpeg-4, mpeg2, dv-pal atau wmv video codec (tergantung camera) pada umumnya codec file ini memiliki kapasitas file yang sangat besar untuk memperkecil file ini kita bisa mengconvert file ini kedalam bentuk xvid, divx, flc atau adobe flash.

dari pengalaman saya div x dapat mengkompress file sangat baik, untuk durasi 5 menit kita hanya memiliki file sebesar 75 mega sedang file asli hampir mencapai 2 Gb

Apa bila melakukan pengiriman melalui dial-up modem pilih hsupa modem jangan hsdpa (huawei memiliki dua pilihan hsupa atau hsdpahsupa memiliki kemampuan upload hingga 7,2 Mbs.

Dengan system konversi dan hsupa modem ini saya pernah mencoba hanya dibutuhkan waktu 7 menit untuk mengirim gambar dengan durasi 6 menit .

Permasalahannya kemudian adalah apakah file ini layak tayang atau tidak? Nah saat di kantor file ini kita kembalikan ke bentuk semula dengan men-convert file yang kita kirim kalo dilapangan kita melakukan proses decoder maka di kantor harus dilalukan proses uncoder untuk mengembalikan kualitas gambar.

Sekedar info saat ini sangat banyak di jual modem hsupa dengan harga sangat terjangkau, bahkan beberapa handphone set juga sudah memiliki fasilitas ini, jadi kita bisa mengirim gambar melalu HP juga.

2. BGAN (broadband global area network)

adalah jaringan internet dengan menggunakan satelit yang di prakarsai oleh imarsat/ Bgan sistem sendiri terbagi 2 yaitu REGIONAl bgan dan GLOBAL access

secara garis besar bgan bisa juga dikatakan komunikasi dengan menggunakan satelit/ penggunaan bgan secara dasar adalah untuk komunikasi suara dan transfer data, jadi bgan hanya memberi access internet sedangkan untuk proses lainnya di butuhkan software penunjang pengalaman pelatihan, bgan hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan maksimal 429 kbs dengan lokasi di gedung indosat jakarta barat/ kecepatan ini jauh lebih rendah dengan kecepatan broadband yang mampu mencapai kecepatan hingga 7,2 MBs. Sementara sistem transfer sendiri terserah kita menggunakan apa.

sementara LIVEWIRE adalah nama software yang di gunakan unutk melakukan streaming video dan audio/ livewire ini juga dapat berfungsi sebagai Internet TV searching.

secara garis besar software ini mampu melakukan pencarian video dan audio melalui streaming livewire ini sendiri saat ini masih menggunakan format hyperlink .

untuk saat ini mungkin streambox lebih ungul dibanding livewire/ karena stream box memungkinkan kita untuk siaran life dengan bandwith sangat kecil/ menurut data stream box ini hanya membutuhkan speed kisaran 200 KBs untuk melakukan tranfers data in real times.
untuk lebih jelas informasi tentang streambox ini silahkan liat di www.streambox.com

sedikit tambahan cara melihat bandwith adalah
1 Kb = 8Kb jadi jika kecepatannya 256 kbs, sebenarnya hanya memiliki bandwith sebesar 64 KB.

About Musa Angelo

Think like a scientist and Act like a maestro to created a Masterpiece.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other followers

Myself

Blog Stats

  • 137,379 hits

Follow Me

Tweets

Error: Please make sure the Twitter account is public.

%d bloggers like this: