//
you're reading...
Radio

Penulisan Naskah Radio


Ada banyak kemampuan yang perlu dikuasai oleh penulis naskah agar dapat mengembangkan program radio interaktif yang efektif, yaitu:

  1. Kemampuan artistic
  2. Kemampuan mengajar
  3. Kemampuan menganalisis kebutuhan dan pemrograman yang akan datang
  4. Pengetahuan yang mendalam tentang sasaran.

Penulis naskah sejak semula harus menyadari tanggung jawab besar yang mereka pikul. Bentuk sajian dan pemilihan kata dalam naskah sangat menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah program radio. Penulis naskah bertanggung jawab untuk :

  1. Menyusun format program yang menarik dan memukau sasaran
  2. Memperkirakan dengan tepat jumlah materi dalam sebuah program atau sebuah segmen
  3. Memastikan bahwa informasi yang disampaikan benar-benar betul.

Agar berhasil, penulis naskah harus bekerjasama dengan orang-orang lain yang juga terlibat dalam pengembangan program. Sebaiknya ada Tim Pengembang lengkap dan penulis bekerjasama dengan semua anggota tim yang terdiri dari:

  1. Ahli materi
  2. Peneliti sasaran
  3. Pengamat “kelas”
  4. Ahli perancang kurikulum


Agar program mereka kuat dari segi pedagogis. Di sini setiap anggota tim memiliki tanggung jawab masing-masing.

Sebelum penulisan naskah

Hal-hal yang harus dipahami oleh penulis naskah sebelum penulisan dimulai :

  1. Mengenal khalayak sasaran
  2. Mendalami isi kurikulum yang akan disampaikan
  3. Memahami keadaan dan lingkungan tempat sasaran mendengarkan siaran
  4. Mendengarkan berbagai contoh program radio
  5. Mengetahui berbagai jenis program yang disukai sasarannya

Meskipun suatu seri program radio telah direncanakan dengan matang dengan alur cerita dan pelaku-pelaku yang telah dikembangkan, namun tugas penulis naskah tetap merupakan tugas yang berat, apalagi jika seri ini berlangsung selama beberapa tahun. Secara terus-menerus menghasilkan naskah yang harus memenuhi ketentuan pendidikan yang ketat dan materi kurikulum yang tepat dan juga menarik serta memotivasi pendengarnya dapat melelahkan penulis.

Berikut ini adalah beberapa saran untuk penulis agar dapat menghindarkan kejenuhan:

  1. Brainstorming yaitu mengumpulkan berbagai macam ide dari rekan- rekan penulis sehingga dapat memunculkan suatu ide baru yang lebih cemerlang.
  2. Mendengarkan para pelaku radio saat mereka menyajikan naskah.
  3. Hindari pandangan bahwa menulis untuk tujuan instruksional tertentu berarti menghancurkan atau menghalangi kreatifitas.
  4. Jadilah pengamat yang baik.
  5. Ambil waktu yang cukup untuk menulis konsep pertama dari naskah dan kemudian tetapkan hati untuk bersikap terbuka.
  6. Tetaplah ingat kebutuhan dan lingkungan sasaran Anda.

Berikut ini pedoman yang dapat dijadikan pegangan bagi penulis naskah radio:

  • Radio adalah medium aural. Semua yang perlu dimengerti pendengar harus disampaikan melalui BUNYI, yang berarti dialog, sound effects dan musik.
  • Radio adalah medium yang personal/pribadi. Pendengar radio dalam hal ini berhubungan satu-lawan-satu dengan pelaku radio. Yang menarik dan memukau sasaran memang bukan materinya, tetapi orang-orang dalam program ini.
  • Pemrograman radio pendidikan menuntut agar perintah-perintah dalam program disampaikan dengan jelas dan sederhana.
  • Tujuan instruksional program harus selalu diingat dalam menciptakan keseimbangan antara format dan materi.
  • Karena radio adalah medium “ sekali dengar”, maka radio itu harus konsisten.
  • Pelaku-pelaku dalam program radio harus lebih jelas bedanya satu dengan yang lain dibandingkan dengan pelaku dalam bahan cetak atau video.
  • Pelaku-pelaku radio harus lebih sering saling memanggil nama dibandingkan dengan bahan cetak atau video supaya pendengar tidak ragu lagi siapa yang sedang berbicara dan siapa lawan bicaranya.
  • Belajar melalui pendengaran membutuhkan perhatian penuh dan konsentrasi.
  • Pedoman yang paling penting adalah radio itu medium imaginasi. Penulis radio yang baik menghormati imaginasi pendengarnya dengan menciptakan dialog yang ketat dan dengan menciptakan kata bergambar (word pictures) yang tidak membutuhkan sound effects untuk interpretasinya.
  • Pendengar susah untuk menerima lebih dari tiga macam informasi yang baru dalam sebuah program 15 menit dan ketiga informasi ini juga harus sering diulang-ulang dengan cara penyampaian yang berbeda.

About Musa Angelo

Think like a scientist and Act like a maestro to created a Masterpiece.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other followers

Myself

Blog Stats

  • 137,379 hits

Follow Me

Tweets

Error: Please make sure the Twitter account is public.

%d bloggers like this: