//
you're reading...
Ilmu Komunikasi, Jurnalistik

Program Televisi News


Pengertian Program News
Dalam pengertian sederhana program news berarti suatu sajian laporan berupa fakta dan kejadian yang memiliki nilai berita (unsusual, factual, esensial) dan disiarkan melalui media secara periodik. Pengertian penyajian fakta dan kejadian di dalam berita bersifat objektif. Liputan gambar dari kejadian biasanya diambil dengan memperhatikan hal-hal yang sekiranya tidak terlalu membuat shock. Namun, objektivitas semacam ini masih tergantung subjektivitas dari peliput. Dari sudut mana kejadian itu diambil, hasilnya sebenarnya telah menunjukkan subjektivitas dari peliput .

Jenis-jenis Program News
Di dalam program berita terdapat bermacam-macam cara penyajian berita. Batasan yang umum untuk jenis atau macam program siaran berita terletak pada batasan yang didasari atas keterikatan pada waktu aktual singkat dan ketidakterikatan pada waktu aktual singkat (memiliki waktu aktual yang panjang):

  • Berita Harian atau berita hangat (the hot news). Berita yang perlu segera disampaikan kepada masyarakat. Corak berita semacam ini sangat terikat waktu aktual yang singkat. Berita hangat biasanya bersifat linier dan langsung (Straight news). Berdasarkan sifat dan kekuatan materi beritanya straight news dapat berupa soft news (berita lunak). Artinya, berita-berita yang bersangkut-paut dengan kejadian-kejadian umum yang penting di masyarakat. Berita-berita yang penting dan diperlukan, namun tidak mengandung kemungkinan gejolak dan tidak melibatkan tokoh masyarakat atau orang termasyhur. Misalnya, berita mengenai konferensi atau seminar, kegiatan pengembangan daerah, kegiatan masyarakat, dan human interest.
  • Hard news (berita keras) adalah berita yang mengandung konflik dan memberi sentuhan-sentuhan emosional serta melibatkan tokoh masyarakat atau orang termasyhur. berita ini biasanya termasuk di dalam kategori berita yang memiliki high political tension, very unusual, dan controversial.
  • Spot news adalah berita singkat dan penting yang memberikan informasi mengenai suatu kejadian atau peristiwa. Apabila berita itu sangat penting, dapat disiarkan segera tanpa menunggu waktu siaran berita, dan menghentikan siaran lain yang sedang berlangsung. Berita ini disebut Breaking News atau semacam Stop press di dalam surat kabar atau tabloid .

Berita Berkala
Berita yang bersifat time less (tidak terikat waktu) memiliki kemungkinan- kemungkinan penyajian yang lebih lengkap dan mendalam. Sajiannya juga dapat diolah secara lebih artistik. Oleh karena itu, model berita berkala biasanya merupakan karya jurnalistik yang artistik. Format dari karya jurnalistik, berupa program dokumenter, feature, dan magazine. Ketiga program itu memiliki kemasan dan tata laksana produksi spesifik .

Karakteristik Program News
Karakteristik berita sebagian besar sering berasal dari tradisi pengisahan yang jauh lebih tua dan Darnton (1975) telah mengemukakan bahwa konsepsi kita tentang berita timbul dari ’cara pengisahan yang kuno’. Oleh Fiske dan Hartley (1978), yaitu fungsi yang memotong garis yang memilah isi ‘realitas’ dari ‘fiksi’. Meskipun hal itu mungkin tampak merupakan pengalihan untuk lebih awal menekankan perhatian pada unsur berita yang bersifat tambahan bagi tujuan informasional, kenyataan tetap menunjukkan bahwa kebanyakan surat kabar lebih condong pada ‘kepentingan manusiawi’ ketimbang ‘berita’ tentang politik, ekonomi, dan masyarakat (curran et al, 1981). Kepentingan manusiawi penting bagi ekonomi berita dan membantu kita untuk memahami hakikat ‘nilai berita’

About Musa Angelo

Think like a scientist and Act like a maestro to created a Masterpiece.

Discussion

Comments are closed.

Myself

Translate

Blog Stats

  • 409,993 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other subscribers