//
you're reading...
Uncategorized

Pemasaran Media Penyiaran


Bagian Pemasaran (Sales Marketing) memegang peran penting dalam mendorong kemajuan media penyiaran, bahkan menentukan kelangsungan hidup penyiaran media komersil. Media penyiaran adalah tempat beriklan, pemasaran waktu siaran ( air time ) merupakan sumber pendapatan utama bagi media penyiaran. Departemen pemasaran bertanggung jawab menjual waktu siaran kepada para pemasang iklan. Departemen pemasaran adalah sumber utama pendapatan media penyiaran. Kemampuan menjual waktu siaran sangat tergantung keberhasilan bagian program dalam menarik audien, khususnya audien yang diinginkan pemasang iklan.

Menurut Pringle – Starr – McCavitt, Departemen pemasaran bertanggung jawab dalam hal :

  • Menjual waktu siar kepada pemasang iklan
  • Menyediakan sarana dimana pemasang iklan dapat mencapai target audien dengan biaya kompetitif.
  • Menghasilkan pendapat yang cukup agar stasiun penyiaran dapat beroperasi secara kompetitif.
  • Menghasilkan keuntungan bagi pemilik stasiun.

Pada media penyiaran berskala kecil, seperti stasiun radio atau stasiun T Kecil, Kepala stasiun merangkap sebagai manajer pemasaran, sedang pada media penyiaran besar tugas pimpinan dan tugas menjalankan departemen pemasaran adalah dua pekerjaan purna waktu untuk dua orang berbeda yang tidak bisa dirangkap.

KEKUATAN SIARAN IKLAN

Stasiun Penyiaran sangat ingin untuk mendapatkan pemasang iklan sebanyak mungkin. Ketika pemasang iklan berencana mengeluarkan dana untuk iklan, hal yang harus dipahami pemasang iklan adalah media apa yang paling cocok untuk mempromosikan produknya. Setiap media punya kelebihan dan kekurangan masing. – masing. Staf pemasaran stasiun harus mengetahui kekurangan dan kelebihan siaran iklan agar dapat menyusun strategi penjualan dan meyakinkan pemasang iklan. Berikut Kekuatan siaran Iklan menurut Willis Adridge :

  • Daya Jangkau yang Luas
  • Wilayah tertentu
  • Audien tertentu
  • Waktu tertentu
  • Focus perhatian
  • Sentuhan personal
  • Kemampuan menunjukkan
  • Kemampuan menghibur
  • Memberikan prestise

Kelemahan siaran iklan :

  • Biaya mahal
  • Informasi terbatas
  • Penayangan singkat
  • Penghindaran
  • Tempat terbatas

Ada Beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam merencanakan iklan untuk televisi atau radio agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan keinginan pemasang iklan. Faktor penting itu antara lain : Waktu penayang iklan, medium yang digunakan, penempatan iklan, rating acara dll.

Pemasang iklan dibagi menjadi, Pemasang Iklan yang beroperasi dalam skala lokal, regional dan nasional. Pemasang iklan berskala lokal adalah perusahaan yang menjual jasa atau barang hanya pada satu daerah dan satu provinsi. Dan Jika pemasang iklan menjual barang atau jasa meliputi beberapa provinsi, misalnya di seluruh jawa atau jawa, maka itu disebut Perusahaan memiliki skala operasi regional. Dan disebut perusahaan berskala nasional jika perusahaan menjual barang atau jasa ke seluruh wilayah negara.

STRATEGI SIARAN IKLAN

Pemasang iklan yang membeli waktu siaran untuk menayangkan iklan mencoba menarik perhatian audien yang tengah mengikuti program siaran tempat iklan ditayangkan. Pemasang iklan harus memasang strategi agar iklan yang disiarkan dapat mencapai sasaran yaitu para pembeli potensial secara efektif dan efisien. Hal yang harus diperhatikan pemasang iklan trkait dengan strategi iklan yaitu :

  • Jumlah Audien
  • Susunan Audien

KONTRAK SIARAN IKLAN

Suatu iklan dapat ditayangkan setelah melalui berbagai bentuk negoisasi antara pihak stasiun penyiaran dengan pemasang iklan dan menghasilkan kesepakatan, yang mengatur 3 hal penting yaitu :

  • Partisipasi pemasangan iklan mendukung program ( advertiser participation )
  • Pengaturan waktu penayangan iklan ( scheduling of commercials )
  • Biayan iklan

PARTISIPASI PEMASANGAN IKLAN

  • Sponsor tunggal
  • Sponsor bersama
  • Iklan partisipasi
  • Kerja sama
  • Barter
  • Berdasarkan penjualan

WAKTU PENAYANGAN IKLAN

Kesepakatan antara stasiun penyiaran dengan pemasang iklan untuk menentukan kapan suatu iklan dapat disiarkan, antara lain :

  • Waktu tetap ( fixed time / fixed position ) adalah bentuk kesepakatan penempatan iklan yang paling mahal ( premium rate )
  • Waktu tertentu ( run of the schedule ) adalah kesepakatan dimana waktu penayangan suatu iklan ditentukan oleh stasiun penyiaran. Bukan ditentukan oleh pemasang iklan.
  • Preemptibility adalah bentuk kesepakatan dimana stasiun penyiaran menawarkan pemasangan iklan dengan harga murah ( discount rate ) namun dengan syarat iklan itu akan diganti lain yang bersedia membayar lebih mahal.
  • Paket iklan adalah stasiun penyiaran memberikan tariff yang lebih murah kepada iklan yang ditayangkan berulang – ulang daripada iklan yang disiarkan hanya beberapa kali.
  • Kesempatan pertama adalah kesepakatan antara stasiun penyiaran dengan p[emasang iklan untuk memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada pemasang iklan tertentu untuk menayangkan iklannya.
  • Kesepakatan khusus adalah mengatur tariff iklan berdasarkan jumlah audien yang mengikuti suatu program siaran.

BIAYA IKLAN

3 faktor yang tidak berubah ( constant) dalam menentukan biaya iklan siaran sebagaimana dikemukakan Head-sterling (1982)  ” The most stable factors that affect price of broadcast time are market size, station facilities and network affiliation” ( factor yang paling stabil yang mempengaruhi biaya waktu siaran adalah ukuran pasar, fasilitas stasiun dan afiliasi jaringan)

4 Faktor yang mempengaruhi harga waktu siaran iklan yaitu :

  • Ukuran atau jumlah audien
  • Ukuran pasar
  • Failitas stasiun
  • Afiliasi jaringan

( Menurut Head-sterling faktor pertama merupakan faktor yang selalu berubah )

Faktor yang mempengaruhi tarif siaran iklan televisi dan radio berdasarkan besar kecilnya audien yang ada pada waktu siaran tertentu, yaitu :

  1. waktu penayangan
  2. rating acara
  3. faktor lain

MENGHITUNG BIAYA IKLAN

CPM = JUMLAH AUDIEN  atau     CPM =    BIAYA IKLAN x 1000

                     1000                                               JUMLAH AUDIEN

About these ads

About Musa Angelo

Think like a scientist and Act like a maestro to created a Masterpiece.

Discussion

2 thoughts on “Pemasaran Media Penyiaran

  1. Terima kasih atas informasinya…

    Posted by dickson | 19 June 2012, 12:10 PM
  2. makasih infonya :)

    Posted by kiki galih fatmila | 23 November 2013, 3:02 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 113 other followers

Myself

Blog Stats

  • 73,793 hits

Follow Me

Tweets

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 113 other followers

%d bloggers like this: